Bekal Persiapan Melahirkan yang Harus Anda Ketahui

Administrator 1      2017-04-27 23:25:45      606 Kali Dilihat     

Persiapan

Menjelang persalinan, berbagai perasaan akan muncul mulai dari bahagia hingga cemas dan bingung. Sebagai persiapan melahirkan, Anda bisa mencatat apa saja yang perlu Anda lakukan dan bawa ke rumah sakit. Baca kiat-kiat persiapan melahirkan di sini!

Memasuki trimester ketiga kehamilan, calon ibu sebaiknya melakukan persiapan dalam menyambut kehadiran bayi. Kelahiran bayi terkadang bisa lebih cepat dari perkiraan lahir yang sudah diperhitungkan.

Rasa cemas dalam menanti kelahiran buah hati yang selama ini ditunggu tentunya akan muncul. Untuk mengurangi kekhawatiran, bayangkan bahwa kelahiran merupakan suatu peristiwa yang membahagiakan, terlebih jika saat persalinan nanti suami dan seluruh keluarga berada di samping Anda untuk memberikan dukungan.

Nah, seberapa siapkah persiapan melahirkan Anda?

Mempelajari Proses Melahirkan

Kenalilah tanda awal persalinan dan proses melahirkan, sehingga jika saatnya tiba Anda telah mengetahui tahapan-tahapan yang akan dilewati. Anda juga bisa mengikuti kelas hamil jika sudah mendekati proses persalinan. Jadi, apa sajakah tiga tanda awal persalinan itu?

  • Kontraksi rahim.Kontraksi rahim yang terjadi menjelang persalinan sifatnya teratur, makin kuat, lama dan sering.
  • Muncul bercak darah.Selama hamil, mulut rahim Anda ditutupi oleh lendir yang kental. Namun ketika mendekati persalinan, mulut rahim Anda akan membesar dan membuat jalan lendir tersebut keluar melalui vagina.
  • Pecah cairan ketuban.Cairan biasanya keluar beberapa saat setelah kontraksi. Tetapi, cairan ketuban bisa keluar sebelum persalinan terjadi. Jika cairan ketuban sudah pecah, segeralah pergi ke rumah sakit.

Mempersiapkan Dokter dan Rumah Sakit

Dokter dan rumah sakit merupakan dua komponen paling penting dalam persiapan melahirkan dan persalinan. Sebaiknya, sejak awal kehamilan Anda sudah menetapkan dokter kandungan dan pastikan rumah sakit yang Anda pilih tidak sulit dijangkau dari rumah.

Mempersiapkan Barang-Barang yang Harus Dibawa

Dalam mempersiapkan barang, pastikan suami atau orang yang berada di rumah mengetahui apa yang harus dibawa. Sehingga jika harus mendadak ke rumah sakit, mereka telah mengetahui di mana harus mencari barang yang dibutuhkan tersebut.

  • Pakaian ibu. Untuk pakaian ibu, disarankan untuk membawa baju atasan yang memiliki kancing di depan untuk memudahkan saat menyusui nanti.
  • Pakaian dalam.
  • Beha khusus menyusui.
  • Pembalut ibu.
  • Peralatan mandi ibu dan bayi.
  • Perlengkapan bayi. Untuk perlengkapan bayi biasanya sudah disiapkan oleh rumah sakit, namun Anda dapat membawa juga sebagai baju cadangan. Perlengkapan bayi yang dapat Anda bawa adalah popok, sarung tangan dan kaki, selimut, serta topi. 
  • Handuk ibu dan bayi.

Berdiskusilah dengan suami dan anggota keluarga lainnya apabila Anda merasa kesulitan dalam persiapan melahirkan ini. Tentu dukungan dari suami dan keluarga akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan persiapan melahirkan. Anda pun bisa menjadi lebih tenang dan siap untuk menyambut buah hati Anda. www.klikdokter.com